Penerimaan Mahasiswa

Penerimaan Mahasiswa Tahun Akademik 2022 / 2023

pmb blank


Sarjana dan Diploma

  • Program Reguler : Program pendidikan yang diperuntukkan bagi lulusan SMA / sederajat dengan waktu pelaksanaan pembelajaran yang pada umumnya dimulai pada pagi hari. Jalur penerimaan Program Reguler terdiri atas Jalur Umum dan Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).
  • Program Alih Jenjang : Program pendidikan sarjana / diploma IV yang diperuntukkan bagi lulusan program DIII.
No. Program Studi Program & Jalur Penerimaan
Reguler Alih Jenjang*
Jalur Umum Jalur PMDK
1.  Sarjana Keperawatan Ya Ya Ya
2.  Sarjana Kebidanan Ya Ya Ya
3.  Sarjana Farmasi Ya Ya Ya
4.  DIV Teknologi Laboratorium Medik Ya Ya Ya
5.  DIII Kebidanan Ya Ya -
6.  DIII Analis Kesehatan Ya Ya -

* Diselenggarakan apabila peserta memenuhi kuota yang ditetapkan

  • Wanita (untuk semua program studi) atau pria (kecuali untuk Prodi Sarjana dan DIII Kebidanan).
  • Berbadan sehat dan tidak buta warna.
  • Lulusan SMA / sederajat (untuk program reguler), atau

          Lulusan DIII Keperawatan / DIII Kebidanan / DIII Farmasi / DIII Analis Kesehatan (untuk program alih jenjang)

  • Mengisi formulir pendaftaran, formulir pernyataan berbadan sehat, dan formulir pernyataan calon mahasiswa.
  • Mengirimkan kelengkapan pendaftaran :
            1. Salinan digital (softcopy) atau hasil pemindaian (scan) bukti pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,00 untuk satu pilihan program studi atau Rp 150.000,00 untuk dua pilihan program studi melalui Bank BNI dengan nomor rekening 2808280848 atas nama Institut Kesehatan Rajawali ;
            2. Salinan digital atau hasil pemindaian pas foto berwarna proporsi 3 x 4, dengan ketentuan : mengenakan kemeja putih polos dan latar belakang foto berwarna merah ;
            3. Hasil pemindaian ijazah SMA / sederajat, atau Surat Keterangan Lulus SMA / sederajat, atau Surat Keterangan Sedang Menempuh Pendidikan Tingkat Akhir di SMA / sederajat pada Tahun Pelajaran 2021 / 2022 (untuk program reguler); atau satu hasil pemindaian ijazah dan transkrip akademik jenjang DIII program studi yang sesuai (untuk program alih jenjang).

  • Pendaftaran dilakukan secara daring (online).
  • Sebelum melakukan pendaftaran, calon pendaftar dapat menghubungi Panitia dengan cara :
            1. Melalui nomor hotline 0851-0275-1162, atau
            2. Datang ke Kampus I / Kampus II Institut Kesehatan Rajawali.
  • Waktu operasional Panitia : Senin s.d. Jumat pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00 s.d. 13.00 WIB.

  • Ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara daring.
  • Ujian seleksi berupa uji tulis yang terdiri atas 60 butir soal dengan waktu pengerjaan maksimum 60 menit, dengan materi :
            1. Bahasa Inggris, Matematika, dan Biologi (untuk program reguler), atau
            2. Ilmu Keperawatan / Kebidanan / Farmasi / Analis Kesehatan Terpadu (untuk program alih jenjang).
  • Waktu pelaksanaan ujian seleksi :
            1. Gelombang I        : 31 Maret 2022
            2. Gelombang II       : 28 Juli 2022
            3. Gelombang III      : 1 September 2022
            4. One Day Service : s.d. 29 Agustus 2022, dilaksanakan maksimum 3 (tiga) hari sejak tanggal pendaftaran.

  • Peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dinyatakan lulus ujian seleksi, akan dinyatakan resmi diterima sebagai mahasiswa apabila yang bersangkutan telah melakukan registrasi pada waktu yang ditetapkan.
  • Batas waktu registrasi adalah 14 (empat belas) hari sejak yang bersangkutan dinyatakan lulus ujian seleksi atau pada waktu lain yang ditentukan oleh panitia.
  • Persyaratan yang harus dipenuhi pada saat melakukan registrasi adalah sebagai berikut :
        1. Mengirimkan salinan digital atau hasil pemindaian bukti pembayaran biaya pendidikan awal melalui Bank BNI dengan nomor akun 2808280848 atas nama Institut Kesehatan Rajawali ;
        2. Mengirimkan hasil pemindaian Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, dan Kartu Tanda Penduduk ;
        3. Mengisi formulir biodata mahasiswa ;

        4. Bagi mahasiswa program reguler, mengirimkan : (1) Hasil pemindaian Buku Nikah / Akta Perkawinan (bagi mahasiswa yang berstatus marital kawin), (2) Hasil pemindaian Pernyataan Wali Mahasiswa dan hasil pemindaian Kartu Tanda Penduduk wali mahasiswa (bagi mahasiswa yang memiliki wali).

  • Peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dinyatakan lulus ujian seleksi namun tidak melakukan registrasi pada waktu yang ditetapkan, dianggap mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa baru.

Program Reguler

Komponen Biaya Besar Biaya
Keterangan
 Biaya Pembinaan Pendidikan (BPP) Rp   1.000.000,00  per bulan
 Biaya Seragam Rp   2.000.000,00  satu kali selama pendidikan
 Sumbangan Sukarela Rp 12.000.000,00 + kelipatan Rp 500.000,00
( Program Studi Sarjana Farmasi )
Rp 4.000.000,00 + kelipatan Rp 500.000,00
( Program Studi Sarjana Keperawatan )
Rp 2.800.000,00 + kelipatan Rp 500.000,00
( program studi lain )
 satu kali selama pendidikan

Program Alih Jenjang

Komponen Biaya Besar Biaya
Keterangan
 Biaya Pembinaan Pendidikan (BPP) Rp   1.200.000,00  per bulan
 Biaya Seragam Rp   2.000.000,00  satu kali selama pendidikan
 Sumbangan Sukarela Rp 12.000.000,00 + kelipatan Rp 500.000,00
( Program Studi Sarjana Farmasi )
Rp 2.800.000,00 + kelipatan Rp 500.000,00
( program studi lain )
 satu kali selama pendidikan
  • BPP sudah termasuk : biaya Pengenalan Kehidupan Kampus, biaya angkat janji, biaya SKS, biaya ujian semester (UTS dan UAS), dan biaya praktik klinik di RS Rajawali.
  • Seragam terdiri atas : dua pasang seragam kuliah, satu pasang seragam praktik, satu pasang seragam kllinik (bagi Prodi Sarjana Keperawatan, Sarjana Kebidanan, dan DIII Kebidanan) / satu buah jas laboratorium (bagi Prodi Sarjana Farmasi, DIV TLM, dan DIII Analis Kesehatan), satu buah jas almamater, satu buah baju kaus, dua pasang sepatu, satu buah pin logo IKes Rajawali, satu buah papan nama, dan dua buah kerudung (bagi wanita yang berkerudung) / kap (bagi wanita yang tidak berkerudung Prodi Sarjana Keperawatan, Sarjana Kebidanan, dan DIII Kebidanan).
  • Biaya awal pendidikan : 2 (dua) bulan BPP + Biaya Seragam + Sumbangan Sukarela.


Waktu Pembayaran Biaya Pendidikan

  • Batas waktu pembayaran biaya pendidikan adalah pada tanggal 10 setiap bulannya.
  • Waktu pembayaran biaya pendidikan :
No. Biaya Pendidikan Bulan Waktu Pembayaran
(Selambat-lambatnya)
No. Biaya Pendidikan Bulan Waktu Pembayaran
(Selambat-lambatnya)
1. September 2022 Registrasi Awal Masuk 7. Maret 2023 Januari 2023
2. Oktober 2022 8. April 2023 Februari 2023
3. November 2022 Oktober 2022 9. Mei 2023 Maret 2023
4. Desember 2022 November 2022 10. Juni 2023 April 2023
5. Januari 2023 Desember 2022 11. Juli 2023 Mei 2023
6. Februari 2023 12. Agustus 2023 Juni 2023

  • Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
  • Biaya pendidikan yang telah dibayarkan hanya dapat dikembalikan apabila mahasiswa baru mengalami salah satu dari keadaan-keadaan berikut ini :
            1. Tidak lulus pada jenjang pendidikan yang menjadi syarat pendaftaran, yang dibuktikan dengan surat keterangan tidak lulus dari instituti pendidikan. Biaya pendidikan yang akan dikembalikan :
100 %   ( seratus persen )   BPP ;
100 %   ( seratus persen )   Biaya Seragam, bila belum dilakukan pengukuran seragam, atau
0 %   ( nol persen )   Biaya Seragam, bila sudah dilakukan pengukuran seragam ;
100 %   ( seratus persen )   Sumbangan Sukarela.
            1. Dinyatakan diterima dan telah melakukan registrasi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada Semester Gasal Tahun Akademik 2022 / 2023, yang dibuktikan dengan surat / tanda bukti telah melakukan registrasi di PTN yang bersangkutan. Biaya pendidikan yang akan dikembalikan :
80 %   ( delapan puluh persen )   BPP ;
100 %   ( seratus persen )   Biaya Seragam, bila belum dilakukan pengukuran seragam, atau
0 %   ( nol persen )   Biaya Seragam, bila sudah dilakukan pengukuran seragam ;
0 %   ( nol persen )   Sumbangan Sukarela.

  • Bagi calon peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus ujian seleksi namun belum melakukan registrasi :
            1. Mengisi formulir pengajuan pindah program.
            2. Melakukan uji tulis ulang (bagi yang pindah program studi) dengan biaya Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah).
            3. Mekanisme selanjutnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Bagi mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi :
            1. Mengisi formulir pengajuan pindah program.
            2. Melakukan uji tulis ulang (bagi yang pindah program studi) dengan biaya Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah)
            3. Bila dinyatakan lulus, biaya yang telah dibayarkan (pada proses registrasi) dikembalikan sebesar : 80 % ( delapan puluh persen ) BPP dan 0 % ( nol persen ) Sumbangan Sukarela.
            4. Mekanisme selanjutnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  • Hanya bagi lulusan SMA / sederajat Tahun Pelajaran 2021 / 2022.
  • Kelengkapan pendaftaran :
        1. Hasil pemindaian rapor semester I s.d. V dengan nilai rata-rata seluruh mata pelajaran sekurang-kurangnya 7,5 dan tidak terdapat nilai kurang dari 7,0 ;
        2. Hasil pemindaian surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah asal.
  • Ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru : tidak melakukan uji tulis.
  • Biaya pendidikan : bebas Sumbangan Sukarela.
  • Pindah program studi :
        1. Mengisi formulir pengajuan pindah program ;
        2. Bila dinyatakan lulus ujian seleksi, dikenakan biaya pendidikan jalur umum (non-PMDK) ;
        3. BPP yang telah dibayarkan (bila telah melakukan registrasi) dikembalikan sebesar 80 % (delapan puluh persen) ;
        4. Mekanisme selanjutnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Penerimaan Jalur PMDK akan ditutup apabila mahasiswa telah mencapai kuota yang ditetapkan.

  • Mahasiswa baru program reguler diwajibkan tinggal di Asrama Kampus II Institut Kesehatan Rajawali selama 2 (dua) semester awal.
  • Besarnya biaya asrama diatur di dalam keputusan tersendiri.

Unduh ( Download ) Ketentuan Umum PMB TA 2022 / 2023 Program Sarjana dan Diploma

Tautan ( Link ) Formulir Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ( Program Reguler )

Mahasiswa Pindahan

          • Penerimaan mahasiswa pindahan hanya dapat dilakukan pada awal semester gasal.
          • Seseorang dapat menjadi mahasiswa pindahan apabila :

                    1. Berasal dari program studi yang sama dengan program studi tujuan.
                    2. Program studi asal memiliki peringkat akreditasi yang sama atau lebih tinggi dibandingkan dengan program studi yang dituju.
                    3. Perguruan tinggi asal tidak berdomisili di wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, atau Kota Cimahi.
                    4. Minimal telah menempuh pendidikan selama 2 semester di perguruan tinggi asal.
                    5. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif sekurang-kurangnya 2,75.
                    6. Masih memungkinkan untuk menyelesaikan pendidikan dalam batas studi maksimum.
                    7. Tidak mengalami putus studi karena tidak memenuhi ketentuan akademik di perguruan tinggi asal ataupun karena masalah perilaku.
                    8. Kapasitas / daya tampung program studi yang dituju masih memungkinan untuk menerima mahasiswa pindahan.
                    9. Lulus uji kesehatan dan wawancara.
          • Masa studi yang telah ditempuh di perguruan tinggi asal, diperhitungkan dalam penghitungan batas waktu studi mahasiswa pindahan.
          • Besarnya biaya pendidikan bagi mahasiswa pindahan adalah sesuai dengan biaya yang berlaku bagi mahasiswa baru pada tahun akademik yang sedang berjalan.

          • Calon mahasiswa pindahan mengajukan permohonan pindah secara tertulis kepada Ketua Sekolah Tinggi yang disampaikan melalui Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum semester gasal dimulai.
          • Surat permohonan pindah dilampiri dengan berkas :
                    1. Daftar nilai mata kuliah yang telah ditempuh di perguruan tinggi asal ;
                    2. Surat rekomendasi pimpinan perguruan tinggi asal ;
                    3. Surat keterangan berkelakuan baik selama di perguruan tinggi asal ;
                    4. Surat persetujuan orang tua / wali / instansi pengirim.
          • Setelah syarat-syarat sebagaimana tercantum pada butir di atas terpenuhi, BAAK menyampaikan surat permohonan dan berkas calon mahasiswa pindahan kepada Ketua Program Studi yang dituju.
          • Program Studi yang dituju menyusun mata kuliah dan nilai kredit yang dapat disetarakan, serta mata kuliah dan nilai kredit yang masih harus diambil oleh calon mahasiswa pindahan.
          • Ketua Program Studi atau pejabat yang ditunjuk oleh Ketua Program Studi melakukan wawancara dan uji kesehatan terhadap calon mahasiswa pindahan.
          • Setelah menilai seluruh aspek, Ketua Program Studi menyampaikan surat rekomendasi kepada Ketua Sekolah Tinggi.
          • Dengan memperhatikan rekomendasi Ketua Program Studi, Ketua Sekolah Tinggi menerbitkan surat penerimaan atau penolakan mahasiswa pindahan.
          • Apabila permohonan pindah disetujui oleh Ketua Sekolah Tinggi, calon mahasiswa pindahan diwajibkan untuk melakukan registrasi dan melengkapi persyaratan administratif seperti mahasiswa baru, serta melengkapi persyaratan administratif lainnya sesuai dengan ketentuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan / atau jajarannya.
          • Batas waktu registrasi adalah 14 (empat belas) hari sejak permohonan pindah disetujui oleh Ketua Sekolah Tinggi.
          • Calon mahasiswa pindahan yang permohonan pindahnya telah disetujui oleh Ketua Sekolah Tinggi namun tidak melakukan registrasi pada waktu yang ditetapkan, dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa pindahan.

phonesmslogo_whatsapp 0851 0275 1162   logo_facebook institutkesehatanrajawali   instagram institutkesehatanrajawali
 

UNDUH | Brosur | Logo | Hymne & Mars | Sertifikat AkreditasiPeraturan & ProsedurPanduan & Pedoman |  Formulir |                                                    ^ kembali ke atas